Karakter

Orang-orang aneh dari berbagai macam kota bertemu di sekolah swasta pada tahun 2008, kami sadar akan ada keunikan dan sesuatu yang luar biasa jika kami terus menjalin hubungan silaturahmi. Catatan: Silaturahmi (shilah ar-rahim dibentuk dari kata shilah dan ar-rahim. Kata shilah berasal dari washala-yashilu-wasl(an)wa shilat(an), artinya adalah hubungan.

Sejak pertama kali bertemu di ruangan kecil yang bernama X-3, kami masih berjumlah 24 orang atau sebut saja 24 murid, hingga pada akhirnya beberapa minggu kemudian, munculah 2 murid baru yang bernama Rangga dari Bandung dan Wanda asal dari kota Depok, sebenarnya mereka bukan murid baru, tetapi lebih tepatnya ‘baru masuk sekolah’ karena sebelumnya mereka dalam kondisi yang tidak sehat sehingga tidak bisa hadir di hari pertama.

Kemunculan Rangga dan Wanda menambah jumlah murid di kelas menjadi 26 orang. Beberapa bulan kemudian, tidak disangka kami kedatangan murid baru dari Pekanbaru, yaitu Fedian atau biasa dipanggil akrab Feddy. Ini membuat kelas semakin menarik, untuk kalian (pembaca) yang mungkin juga agak kebingungan kalau baca cerita karena belum mengenal mereka semua, Dsini admin ingin memperkenalkan sama saja Deotrix itu dan bagaimana perilaku mereka yang biasa kami kenal, antara lain:

CATATAN: MAAF KALAU ADA YANG SALAH, BISA KOK DIKOREKSI NANTINYA!

• Abdurrahman Birry
Si kutu buku, kalau di kelas pakai kaca mata, kalau di luar kelas ga pake kaca mata, kalau belajar suka sendirian atau pergi ke tempat sepi, apalagi kalau menjelang ujian selalu menyendiri di luar kelas untuk belajar. Diantara temen-temen Deotrix, Birry ini paling deket sama Royan, Niekha, Hamzah, Heri, dan Ilyas. Kalau berpergian acara Deotrix, biasanya suka nanya dulu Heri atau Hamzah. Birry ini senang banget belajar dan diantara Deotrix, Birry yang paling cepet lulus sebagai seorang sarjana selama 3,5 tahun kuliah, Birry bisa dikategorikan temen yang pendiam, tapi kalau udah kenal deket, bisa sih malu-maluin walaupun masih jaga sikap.

• Adam Herlambang
Paling cekatan masalah transportasi kalau kurang temen-temen berkendala dalam masalah transportasi. Sebelumnya, Adam adalah ketua kelas di kelas IPS, dia menjabat selama 2 tahun di kelas 2 SMA dan kelas 3 SMA. Adam paling seneng sama yang namanya musik, pengen belajar banyak alat musik juga, sering bawa harmonica ke sekolah, bawa gitar, dan sebagainya. Adam deket banget sama Diki, begitu juga temen-temen sekolah, selain Deotrix, tapi Adam tetap ada ketika Deotrix sedang dalam kesulitan.

• Adinda N. Desiani
Sering banget ngomong, “Kalau udah lulus SMA, aku pengen nikah.” Selalu berkata seperti itu tapi sampai Dinda lulus kuliah pun belum menikah haha, tapi tenang saja, Deotrix selalu mendoakan Dinda untuk mendapatkan lelaki yang diidam-idamkan oleh Dinda. Dinda ini paling cerewet diantara Deotrix, walaupun cerewet jiwanya yang berusaha untuk menjadi guru, ga kenal lelah. Dinda lulus S1 dan melanjutkan kembali belajar tingkat S2. Dalam Deotrix, Dinda paling deket sama Ugen dan Anisa dan mereka sering menjelajah bersama sejak kelas 1 SMA. Oh iya Dinda dan Adam sudah berteman lama juga dari dulu dan mereka tinggal di daerah yang sama, Cijerah.

• Ahmad Zaki
Laki-laki asal Madura ini memang senang selalu jatuh cinta pada bahasa dan kasih sayang, apalagi dia paling jago dalam membuat sebuah puisi, puisinya pernah dipakai pada saat perpisahan sekolah. Zaki memang belum terbiasa dengan teman-teman dan lingkungan Bandung, apalagi Zaki berusaha keras untuk nyaman dan bicara ga malu-malu di depan mereka. Meskipun kadang teman-teman suka tertawa ketika Zaki berpresentasi, tapi tetap diacungi jempol dan didukung oleh Deotrix atas keberanian dan kepintarannya membuat puisi.

• Ai Herlina
Wanita asal Tasimalaya ini memang selalu berkata yang positif dan dekat dengan para guru karena Ai ini dikenal sebagai teman yang ramah dan mengatakan hal-hal yang positif untuk teman-teman, khususnya Deotrix. Ai deket sama Ima di Deotrix dan Ai ini ‘fans’-nya Fadli di SMA. Diantara Deotrix lainnya, Ai adalah teman kami yang pertama yang menikah duluan, Ai dan suami menikah di Tasik, sebagai kota kelahiran Ai, teman-teman Deotrix pada saat itu banyakan menggunakan mobil dan menginap disana untuk ke acara pernikahannya Ai.

• Anisa N. Yulianingsih
Entah apa yang dipikirkan perempuan yang satu ini karena seneng banget sama Doraemon, bawaannya ke sekolah ada gantungan Doraemon, pensil Doraemon, tempat alat tulis Doraemon, tas Doraemon, sticker Doraemon, dan sebagainya mengenai Doraemon. Anisa ini bertugas sebagai bendahara dan seksi konsumsi (biasanya), Anisa sering banget merayakan sesuatu dengan Deotrix, mulai dari ulang tahun, pernikahan, dan sebagainya. Setelah Ai, ada Anisa yang menikah dan sudah dikarunai momongan, anak pertama Anisa berjenis kelamin laki-laki. Anisa dekat sama Ugen, Dinda, Diki, dan sebenarnya dekat sama teman-teman Deotrix sih.

• Diki Hapidin S.
Sang ketua kelas kami asal Garut yang ga pernah mundur dan takut, walaupun kadang Diki stress menghadapi Deotrix yang awalnya ga kompak dan bikin guru-guru pusing, Diki harus terus bertanggung jawab untuk mengkondisikan kelas menjadi lebih baik dan kondusif. Diki deket banget sama semuanya karena dia ketua kelas dan ketua kami untuk kapan pun untuk Deotrix. Diki juga sudah menikah pada bulan Agustus tahun 2016 lalu. Diki satu-satunya siswa di sekolah yang pindah jurusan dari IPA ke IPS dengan memohon-mohon kepada Kepala Sekolah dan para guru. Diki sering banget dateng ke rumah Hamzah untuk istirahat dan tidur. Dalam Deotrix, Diki paling deket sama Anisa, Royan, Adam, dan Hamzah.

• Faishal Hindami
Anak ini, sering banget dipanggil Hamzah sebagai panggilan akrab Deotrix, beberapa orang dari luar sekolah memanggilnya Fai atau Fey, kok bisa? Ga tau deh. Hamzah ini orang yang biasa-biasa aja, dia deket sama semua Deotrix. Udah gitu aja.

• Fajar W. Wijaya
Ga jauh sifatnya dari Birry, tapi bisa dibilang Fajar lebih berani daripada Birry untuk melakukan sesuatu yang memalukan, walaupun Birry lebih hebat dalam hal olahraga daripada Fajar, tapi Fajar ini tipe orang yang bekerja keras lho dan selalu berusaha. Fajar mulai ga malu-malu dan ga pendiem sejak masuk ke kelas 2-3 SMA, walaupun kadang kesulitan kumpul bersama Deotrix, tapi ketika ada kesempatan, dia selalu hadir.

• Ferin Tiara
Sering banget dikejar-kejar para lelaki di sekolah, bukan dikejar beneran lho ya, bukan dikejar karena Ferin itu maling hahaha, tapi lebih tepatnya dia disukain banyak laki-laki di sekolah. Tetapi, pada akhirnya Ferin atau Ein (sapaan akrab) dipinang oleh seorang laki-laki dan menikah di Oktober 2016 juga. Ein seneng banget sama budaya Asia Timur, khususnya Jepang dan Korea, ketika kuliah, Ein pun memasuki jurusan yang ga akan jauh dari hal tersebut. Ein punya sahabat yang lebih dekat lagi di Deotrix, yaitu Gea, Ninis, Dira, dan Wangi. Mereka berlima selalu kompak di Deotrix dalam kelompok kecil.

• Ghaini Maharani
Ga jauh sama seperti sahabatnya yaitu Nisa dan Dinda karena cerewet, tapi Ugen ini juga tergolong tipe perempuan yang polos, hmm polos tapi cerewet, bingung ya? Bahaya sih hahaha, sekalinya ngomong memang membuat teman-teman tertawa. Ugen pernah cinlok sama beberapa orang di Deotrix, tapi ga perlu disebutkan siapa aja hahaha.

• Heri Susanto
Sahabatnya Ahmad Zaki dan Birry, mereka memang tergolong orang-orang pendiam di Deotrix. Heri berasal dari Lampung, jauh-jauh ke Bandung untuk belajar dan kuliah. Pada saat SMA, Heri tinggal di asrama dengan teman-teman yang lain, seperti Diki, Ahmad Zaki, Wanda, Rifa, dan sebagainya.

• Ilyas Nurhadi
Kami biasa memanggilnya BIG BOSS, kok berlebihan? Sebenarnya Ilyas ini adalah guru kami di kelas pada saat SMA, perjuangannya mengajari teman-teman Deotrix untuk lulus dan berubah menjadi lebih baik lagi, Ilyas kerahkan sekuat tenaga. Laki-laki asal Depok ini pernah memberikan kabar buruk dan menghilang tanpa kabar. Tentu membuat Deotrix khawatir, kemana guru kami? Seseorang yang sering mengajari kami dan selalu ada buat kami, baca aja ceritanya di blog ini kalau ingin tau. Ilyas deket banget sama Rifa, Hamzah, Birry, Wanda, Ali, dan Naqi. Musuhnya Ilyas dalam bersaing sesuatu adalah sahabatnya sendiri, yaitu Rifa. Mereka memang bersahabat tapi juga saling bersaing dalam hal apapun, khususnya bermain futsal.

• Ima Nursaadah
Selain Birry dan Heri yang begitu pendiam, perempuan pendiam di Deotrix adalah Ima, Ima juga sama seperti Ai, berkata apapun mengenai hal-hal yang positif. Dia menjadi lebih percaya diri dan lebih terbuka dengan teman-teman X-3, walaupun ya dia juga punya sahabatnya sendiri di kelas lain, selain itu Ima adalah karakter perempuan yang feminine dan lembut.

• Irma N. Oktaviani
Sapaan akrab Irma adalah Iam, bukan Ima ya, beda lagi. Kalau Ima adalah tipe perempuan yang lembut dan pendiam, kalau Iam adalah tipe perepuan yang bergaul, senang sekali dengan sepak bola, agak tomboy, dan Iam senang sekali menjelajah.

• Khadija Nedira
Biasa dipanggil Dira, perempuan yang paling tinggi di Deotrix ini memiliki sifat yang nyantai dan pergaulannya juga luas, cocok kalau jadi model sih atau pramugari. Dira seneng banget sama Korea dan juga kucing. Sahabatnya di Deotrix ada Gea, Ein, Wangi, dan Ninis, dan ya bisa dibilang mereka ini juga pecinta kucing semua.

• Muhammad Fadhlan
Tipe orang yang selalu membantu dengan ikhlas, selalu hadir dalam acara apapun untuk teman-teman X-3, acara resmi formal atau acara umum, bahkan niat ngaterin temen-temennya untuk pergi kemana pun. Meskipun kadang, beberapa teman Deotrix menjahilinya untuk kesenangan, tapi Fadhlan harus diberikan acungan jempol juga karena sifatnya yang sabar dan selalu membantu Deotrix dan orang lain.

• Muhammad Fedian
Deotrix memiliki panggilan khusus, yaitu Hippo atau Feddy, dia gaul banget di sekolah dan orang-orang sekitar di luar sekolah juga atau bukan pada masa SMA aja, tapi Feddy ini dikenal banget lebih deket sama para perempuan, playboy ga ya? Ngga sih sebenarnya dia baik banget, tapi jangan baper ya semuanya! Ke temen laki-laki juga baik sih tapi mulai ngomong pake kata-kata kasar bahasa Inggris kalau emang ada beberapa orang yang menjahilinya.

• Niekha Zoelinna
Kalau sebelumnya ada Dinda yang cerewet, nah Niekha atau Nika ini selain cerewet, suaranya juga keras juga lho hahaha, Niekha akrab banget sama Dira dan Birry, perempuan asal Jakarta ini sebenarnya akrab juga sama yang lain dan baik banget ke Deotrix, bahkan Niekha sebelumnya memberikan nama Dexter untuk kami (sebelum Deotrix), Niekha itu perempuan yang paling puas ketawanya, artinya dia bahagia, apalagi ngeliat tingkah laku Royan dan Rangga yang ga bisa diem. Semakin lama, dia menjadi wanita yang sopan dan lebih dewasa, selain itu tipe anak ini emang gaul banget.

• Nisrina Nafi’ah
Sapaan dekat Ninis, adalah perempuan yang selalu berpakaian rapi dan sopan. Ninis ini sudah mencerminkan dirinya yang dewasa, namun ketika melihat kucing, Ninis akan berubah hahaha. Ninis juga penggemar Korea, suka juga kucing, tapi kayanya lebih ke arah dia yang jadi kucing, karena suka nyakar walaupun cuman candaan saja, dia juga memiliki sifat keibuan dan cara bicara yang sangat lembut dan enak didengar.

• Rangga Mahardika
Laki-laki paling tinggi kedua ini gemar sekali bermain basket, banyak penggemarnya juga di sekolah apalagi, banyak yang naksir sama Rangga kalau udah duet sama sahabatnya pada saat jaman sekolah, tipa orangnya sih jahil dan ga bisa diem, tapi sebenarnya dia itu baik lho dan sayang banget sama Ibunya.

• Rifa Faizal
Memiliki bentuk badan yang bagus tapi juga suka pamer ke temen-temennya, khususnya Ilyas, membuat Ilyas sebagai sahabatnya sendiri ingin selalu menantang Rifa. Rifa adalah wakil ketua kami, dia berasal dari Sumedang. Rifa dan Ilyas ga pernah bertengkar, mereka bahkan sahabatan dan menjalin hubungan dengan baik, namun disisi lain mereka selalu ingin bersaing, khususnya bermain futsal, Rifa terkenal pada saat SMA adalah murid yang jago olahraga terutama futsal, tapi jangan salah, walaupun sering bersaing dengan Ilyas, ada masanya Rifa membantu Ilyas, dan Ilyas juga membantu Rifa khususnya pada saat belajar di sekolah. Rifa ini deket juga sama Ali, Hamzah, Diki, dan Naqi. Lucunya walaupun Rifa terkenal jago main futsal, tapi kadang-kadang selalu/sering kalah di video game melawan Ilyas, Ali, dan Hamzah.

• Royan Hilmi
Laki-laki turunan Arab ini paling tinggi di kelas dan memiliki banyak keunikan diantara yang lain, sensitif terkena debu sehingga sering bersin terus-menerus tanpa henti sampai menunggu debunya hilang, lalu Royan juga setiap setelah makan pasti langsung ke kamar mandi. Keunikannya dari teman-teman yang lain adalah kalau mau fokus belajar, Royan akan belajar di kamar mandi. Royan satu-satunya Deotrix yang ga tau malu dan terkenal di sekolah, Royan disukai banyak junior-junior karena memiliki postur yang tinggi dan turunan Arab, tapi sebelumnya kami selalu tertawa selain kelakukannya Royan yang unik, kadang kami tertawa karena dia tidak memanfaatkan tingginya dengan baik. Royan deket sama Diki, Hamzah, Gea, dan Birry.

• Shabrina Gea
Gea pernah satu sekolah di SMP dengan Royan dan Rangga, kadang Gea suka males ketemu Royan dan Rangga, apalagi sekelas pada saat kelas 1 SMA, tapi memang Gea juga selalu terhibur karena tingkah laku Royan dan Rangga, meskipun bosan ketemu mereka lagi. Gea ini sahabat sejati banget, selalu memberikan banyak informasi dengan cepat dan membantu pekerjaan Deotrix juga menjadi lebih mudah berkat bantuannya, Gea memiliki banyak peliharaan kucing lho.

• Wanda Febrian Tata
Wanda ini laki-laki lho ya, dia dan Ilyas sama-sama dari Depok. Di Deotrix, Wanda ini pengguna aktif gadgets, bahkan pernah ada kejadian pada saat olahraga basket di lapangan, Wanda hanya menundukan kepalanya ke arah handphone-nya. Wanda ini kadang tidak konsentrasi dengan lingkungan sekitar, ketika ada sesuatu yang mengagetkannya. Wanda ini punya tipe belajar yang unik, belajar cukup, main yang banyak, yang penting otak ga stress. Kadang Royan usil banget ke Wanda sampai kadang Wanda meminta bantuan ke Ai sebagai sahabatnya, Royan akan mundur kalau Ai mulai ngebela Wanda haha.

• Wangi N. Firdausy
Tipe perempuan pekerja keras ini selalu membuat acara Deotrix berjalan dengan mudah dan lancar, walaupun dia kadang merasa kelelahan karena melakukan sendirian atau inisiatif sendiri, tapi ya katanya sih dia senang-senang aja yang penting untuk Deotrix. Dari semua acara yang dilakukan Deotrix, biasanya Wangi satu-satunya perempuan yang pailng sering hadir untuk teman-temannya sendiri.

Kenaikan kelas 2 SMA membuat beberapa murid dari kelas lain juga bergabung, seperti Ali dari kelas X-2 dan Naqi dari kelas X-1. Ali dan Naqi juga sudah dianggap keluarga X-3 karena mereka berdua dekat dengan kami, mereka juga sering bermain bersama kami, liburan bersama kami, bahkan menghadiri beberapa acara yang kami adakan.

Karena muncul Ali dan Naqi, tentu kami tidak bisa menganggap diri kami sebagai murid kelas X-3 lagi, sehingga sebelumnya pada saat kelas 2 SMA, salah satu teman kami, yaitu Niekha, asal dari ibukota Jakarta, dia memberikan kami nama khusus, yaitu DEXTER, ugh lupa kenapa ya Niekha waktu itu memberikan kami nama DEXTER, apapun itu alasannya kami berterima kasih kepada Niekha yang telah memberikan nama tersebut, walaupun kita juga tahu bahwa nama DEXTER adalah nama yang sudah umum, sudah ada Dexter Morgan (TV Series), ada pula Dexter’s Laboratory (Cartoon Network), dan sebagainya.

Hanya satu tahun kami menggunakan nama DEXTER, sejak kenaikan kelas 3 SMA, nama kami pun diubah menjadi DEOTRIX, kalau ada penggemar, kami beri nama DEOXTER hahaha! Whatever! DEOTRIX singkatan dari Denizen of 3 (Tri) X atau biasa dikenal sebagai Denizen of X-3. Namun, singkatan itu hanya sebagai dasar darimana kelompok persahabatan ini terbentuk, walaupun muncul Ali dan Naqi ibarat anggota tambahan, tapi nama DEOTRIX sudah sebagai brand kami. Oh oh oh ya? Ini masih belum 30 orang, lalu siapakah satu orang lagi? Dia bernama Fadli, asal dari kota Lampung. Fadli adalah murid baru yang hadir pada saat kelas 3 SMA, dan ia masuk di kelas IPS-1.

• Ali Akbar
• Muhammad Naqi
• Fadli Iqomulhaq

Ya inilah kami, DEOTRIX dengan jumlah 30 orang. Semakin lama nama DEOTRIX dikenal olah kalangan teman-teman yang lain. Walaupun terdapat kelompok kecil atau sahabat lebih dekatnya lagi di dalam DEOTRIX, tapi kami tidak melarang itu terjadi, kami tidak khawatir apabila kelompok kecil tersebut ingin berpisah dengan kami, lagi pula rasanya tidak mungkin. Kami berjuang bersama-sama, sedih bersama-sama, lelah bersama-sama, tertawa bersama-sama, dan sebagainya selama bertahun-tahun.

Bahkan ini akan menjadi cerita unik untuk kami karena jika kami mempertahankan hubungan kami artinya kami juga tidak memutuskan silaturahmi. Sejak kami masih memiliki muka polos, kami masih labil, kami masih nakal, hingga kami dewasa, memiliki anak, berkeluarga, kami akan tetap menjadi sebuah kelompok persahabatan yang unik. Tidak menutup kemungkinan, ada orang-orang yang memiliki pengalaman sama dengan kami. Bersahabat atau berteman, pilihlah teman yang benar-benar menyemangatimu, mendoakanmu, membantumu, bahkan memberikan kata-kata positif untuk mu.

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: